We Are The Universe



Neil DeGrasse Tyson : The Most Outstanding Fact

Apa fakta yang paling mengejutkan, yang dapat kalian ceritakan tentang alam semesta?

Fakta paling mengejutkan adalah pengetahuan.
Bahwa atom yang meliputi kehidupan di bumi, atom yang membentuk tubuh manusia yang dapat ditelusuri hingga sampai pada "tempat" dimana unsur-unsur ringan diproses hingga menjadi unsur-unsur berat di dalam intinya di bawah tekanan dan suhu yang ekstrim.

Bintang-bintang ini yang memiliki massa paling besar diantaranya menjadi tidak stabil di akhir kehidupannya.
Mereka hancur dan kemudian melontarkan isi perutnya yang kaya ke seluruh galaksi. Isi perut berupa karbon, nitrogen, oksigen, dan semua bahan penting pembentuk kehidupan itu sendiri.
Bahan-bahan ini menjadi bagian dari awan gas yang memadat, hancur, juga membentuk tatasurya generasi berikutnya, bintang dengan planet yang mengitarinya, dan planet itu kini juga memiliki bahan penyusun kehidupannya sendiri.

Jadi, ketika aku memandang langit malam, maka aku tahu, ya, kita adalah bagian dari alam semesta ini, kita berada dalam jagat raya ini, tapi mungkin hal yang lebih penting dari semua fakta itu adalah, semesta sendiri ada di dalam diri kita.

Saat aku merenungi fakta itu, aku memandang langit... Banyak orang merasa kecil karena mereka kecil sedangkan alam semesta ini begitu besar.
Namun aku merasa besar, karena atom-atomku berasal dari bintang-bintang itu. Aku merasakan suatu ikatan.
Itulah yang sesungguhnya kau inginkan dalam hidup, kau ingin merasa terhubung, ingin merasa terkait, kau ingin merasa seperti menjadi bagian dari kejadian aktifitas dan peristiwa di sekitarmu.

Begitulah persisnya diri kita ini, kita merasakan hanya dengan hidup.

Share:

0 komentar