Psikiater Gadungan






Gue gak ngerti kenapa dari jamannya sekolah, tepatnya sejak gue di bangku SMK teman terdekat gue rata-rata adalah cewek. Inget! Bukan berarti gue adalah seorang cowok yang seperti makhluk invertebrata atau gak punya tulang belakang, yang artinya gue ngondek karena bergaul sama cewek. Gue tetap seorang gitaris band posthardcore dengan pakaiannya yang serba hitam. Oke kalimat tadi adalah sebuah pencitraan.

Dan resiko mempunyai banyak teman cewek adalah, gue sering dijadikan tempat curhatan mereka karena pada dasarnya cewek adalah makhluk yang hobi bercerita. Mungkin sebutan yang cocok buat gue adalah 'psikiater gadungan'.

Mempunyai profesi sebagai 'psikiater gadungan' ini juga gak mudah guys. Terutama dalam mengatur emosi, mengatur emosi si client maupun emosi diri gue pribadi. Yang mana gue harus pintar-pintar berempati sampai-sampai gue sendiri yang ke bawa suasana.

Masalah yang diceritakan oleh teman-teman gue hampir satu tema, yaitu patah hati dengan pasangannya. Tapi ada juga teman gue yang cerita pribadi masalah keluarganya. Gue heran juga kenapa meraka berani berbagi masalah yang cukup pribadi ke gue. Dari sini gue berfikir mungkin mereka menganggap gue orang yang peduli. Gue emang sempet jadi duta peduli lingkungan, tapi lingkungan perampok.

Dari kepercayaan yang mereka taruh itu, gue diharuskan sebijak mungkin untuk memberi pendapat. Contohnya jika teman gue curhat bahwa cowonya selingkuh, gue gak akan memihak kepada teman gue dan gue harus netral. Misalya :

"Al, gue diselingkuhin cowok gue, menerut lo, gue harus gimana?" kata client gue sambil nangis.

"Oh ya udah lo ajak ketemuan terus siram pake pertamax terus lo bakar, cowo begitu lo tangisin!"

Gak, gue bukan psikiater yang psikopat walaupun gue ini sebagai 'psikiater gadungan'.

Sebisa mungkin gue harus kasih solusi yang keliatannya bijaksana, solutif lah pokoknya, ya sampe mereka mikir "oh iya juga ya". Padahal sebenernya solusi yang gue berikan standar banget.

Jujur aja gue kadang kesel sih sama teman yang kalo curhat dan dikasih solusi tapi ngeyel, alias batu.

"Al, gimana nih, menurut lo mending putusin aja apa gak usah?"

"Kalo lo udah gak nyaman ya mendingan putus"

"Tapi gue masih butuh dia"

'Ya tapi kalo lo udah gak nyaman mau diapain lagi? yang ada ngebatin doang"

"Gue gak bisa kehilangan dia, Al"

Anjir, dia nanya, gue kasih solusi tapi dia malah gak nerima masukan gue, buat ap coba curhat.
Oke obrolannya masih berlanjut.

"Lo masih sayang sama dia?"

"Bukan"

"Lah? Lo bilang lo masih butuh dia, tapi gue tanya lo masih sayang apa gak, nyatanya udah gak sayang"

"Iya, gue masih butuh dia"

"Butuh?"

"Iya, dia biayain kuliah gue dan ngasih uang bulanan buat gue"

Shit. Ternyata simpenan Om-om.

No offense.



Dan gue paling gak bisa, di saat curhat tiba-tiba teman gue itu nangis. Pernah gue langsung lari ke warung buat beli tisu karena teman gue nangisnya udah kejer banget. Masalahnya sebelum ada tisu, dia ngelap pake kaos gue. Terlebih gue gak bisa liat cewek nangis, thatsfuckinmoment, sedih asli liat cewek nangis cerita disakitin, mana cakep lagi. Siapa sih cowok yang bikin kamu nangis? Eits dilarang baper.

Ya dan sejujurnya gue sih seneng jadi tempat curhatan teman-teman gue, curhat is connecting people, man! Terdengar seperti tagline merk handphone. Gue bisa mengenal sifat teman-teman gue. Enaknya lagi kadang gue suka ditraktir sama client gue, anggap aja itu bonus.
Dan yang terpenting, dari curhatan mereka gue banyak belajar kedepannya.

Gue mau ngucapin terimakasih buat teman-teman yang sering curhat sama gue, tandanya kalian percaya sama gue. Padahal kalian gak tau aja kalo curhatan kalian udah gue bocorin. Gak gak gak, rahasia client aman guys.

Share:

0 komentar